Pengaruh Harga, Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Transportasi Online InDrive di Balikpapan

Penulis

  • Fitriana Fitriana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis
  • Ade Agus Putra Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis
  • Dewi Nur Septyarini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52630/jmbv.v14.i01.102

Kata Kunci:

Harga, Brand Image, Brand Awareness, Keputusan Penggunaan

Abstrak

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh harga, brand image dan brand awareness terhadap keputusan penggunaan ojek online InDrive di Balikpapan baik secara parsial  maupun secara simultan, dengan populasi sejumlah 96 orang pelanggan ojek online InDrive di Balikpapan, dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil uji parsial harga tidak memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai thitung -1,070 < dari ttabel 1,661 sedangkan pada nilai signifikansi adalah 0,287 > 0,05. Pada brand image menunjukkan ada pengaruh positif dan juga signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan  nilai thitung adalah sebesar 4,490 > dari ttabel 1,661, adapun nilai signifikansinya menunjukkan 0,000 < 0,05. Sedangkan pada brand awareness menunjukkan terdapat pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai thitung 6,734 > dari ttabel 1,661, sedangkan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Secara simultan pada variabel harga, brand image dan brand awareness memiliki pengaruh  yang signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai Fhitung 84,271 > Ftabel 2,70, nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05.

Referensi

Agus, Ariyani., & Jefri Heridiansyah. 2022. Pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan, produk dan citra merek terhadap keputusan menggunakan jasa Gojek. Jurnal STIE Malang. DOI: 10.33747 https://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/545

Armstrong & Kotler. 2016. Marketing An Introduction, Edisi 13, USA: Perason Education.

Asmariyana, Suharto & Bambang Suhada. 2022. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Layanan Transportasi online Gojek. Journal of Economic Management. DOI: https://doi.org/10.24127/simplex.v3i2.3210 DOI: https://doi.org/10.24127/simplex.v3i2.3210

Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy), Jakarta : CV.Penerbit Qiara Media

Limakrisna, N., & Purba, T. P. 2017. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nathania & Lukman Cahyadi. 2020. Analisis pengaruh brand loyalty, brand association, brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan pembelian. JCA Ekonomi. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jeco/article/view/105

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI

Diterbitkan

2025-05-21

Cara Mengutip

Pengaruh Harga, Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Transportasi Online InDrive di Balikpapan. (2025). Visioner : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(01), 1-9. https://doi.org/10.52630/jmbv.v14.i01.102