Pengaruh Harga, Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Transportasi Online InDrive di Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.52630/jmbv.v14.i01.102Kata Kunci:
Harga, Brand Image, Brand Awareness, Keputusan PenggunaanAbstrak
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh harga, brand image dan brand awareness terhadap keputusan penggunaan ojek online InDrive di Balikpapan baik secara parsial maupun secara simultan, dengan populasi sejumlah 96 orang pelanggan ojek online InDrive di Balikpapan, dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil uji parsial harga tidak memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai thitung -1,070 < dari ttabel 1,661 sedangkan pada nilai signifikansi adalah 0,287 > 0,05. Pada brand image menunjukkan ada pengaruh positif dan juga signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai thitung adalah sebesar 4,490 > dari ttabel 1,661, adapun nilai signifikansinya menunjukkan 0,000 < 0,05. Sedangkan pada brand awareness menunjukkan terdapat pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai thitung 6,734 > dari ttabel 1,661, sedangkan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Secara simultan pada variabel harga, brand image dan brand awareness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai Fhitung 84,271 > Ftabel 2,70, nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05.
Referensi
Agus, Ariyani., & Jefri Heridiansyah. 2022. Pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan, produk dan citra merek terhadap keputusan menggunakan jasa Gojek. Jurnal STIE Malang. DOI: 10.33747 https://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/545
Armstrong & Kotler. 2016. Marketing An Introduction, Edisi 13, USA: Perason Education.
Asmariyana, Suharto & Bambang Suhada. 2022. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Layanan Transportasi online Gojek. Journal of Economic Management. DOI: https://doi.org/10.24127/simplex.v3i2.3210 DOI: https://doi.org/10.24127/simplex.v3i2.3210
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy), Jakarta : CV.Penerbit Qiara Media
Limakrisna, N., & Purba, T. P. 2017. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nathania & Lukman Cahyadi. 2020. Analisis pengaruh brand loyalty, brand association, brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan pembelian. JCA Ekonomi. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jeco/article/view/105
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fitriana Fitriana, Ade Agus Putra Maulana, Dewi Nur Septyarini (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ketentuan Lisensi:
VISIONER : Jurnal Manajemen dan Bisnis (VJMB) oleh STIE Balikpapan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Lisensi Internasional.
Anda bebas untuk:
- Membagikan “ menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Mengadaptasi “ menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
- Atribusi “ Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan “ Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.