Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadapa Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Idonesia
DOI:
https://doi.org/10.52630/jmbv.v14.i02.130Kata Kunci:
Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Ln Total Aset, Price Earning RatioAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas (current ratio), leverage (debt to equity ratio), profitabilitas
(return on assets), dan ukuran perusahaan (Ln total aset) terhadap nilai perusahaan (price earning ratio) pada sub sektor food
and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu 95 perusahaan sub sektor food
and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sampel penelitian sebanyak 25 perusahaan. Analisis data menggunakan
program IBM SPSS versi 25 dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik,
analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap price earning ratio. Debt to equity ratio secara parsial tidak berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap price earning ratio. Return on assets secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap price earning
ratio. Ln total aset secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap price earning ratio. Selanjutnya current
ratio, debt to equity ratio, return on assets, dan Ln total aset secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap price earning
ratio.
Referensi
Adnyana, I. M. (2020). Manajemen Investasi Dan Portofolio (Melati (ed.)). Lembaga Penerbitan
Universitas Nasional.
Agit, A., Paryati, R., Nuansari, S. D., Aryandika, A. A., Adif, R. M., Prameswari, F. D., Nurmala,
Nugrahani, W. P., Amos, V., Rini, A. N., Citradewi, A., Burhanuddin, Kurniawati, F., Sapiri, M., &
Hasanatina, F. H. (2023). Manajemen Keuangan Bisnis (L. Mutmainah (ed.)). PT Penamuda Media.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management. Cengage Learning.
Fadrul, Budiyanto, & Asyik, N. F. (2020). Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (D. Winarni (ed.);
Issue July). CV. Eureka Media Aksara.
Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan
Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen
Dan Bisnis, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3218
Firdiyanti, M., & Rahmani, H. F. (2023). Pengaruh Return On Asset Dan Debt To Equity Ratio
Terhadap
Price
Earning
Ratio.
https://doi.org/https//doi.org/10.30640/akuntansi45.v4i2.1832
4(2),
160–171.
Hasan, S., Elpisah, Sabtohadi, J., Nurwahidah, Abdullah, & Fachrurazi. (2022). Manajemen Keuangan
(FachrurazI (ed.)). CV. Pena Persada.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi (A. Pramono (ed.)). PT Grasindo.
Hidayat, W. W. (2018). Dasar-Dasar Analisa Laporan Keuangan (F. Fabri (ed.)).
Irnawati, J. (2021). Nilai Perusahaan dan Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Contruction and
Engineering Pada Bursa Efek Singapura. In T. A. Seto (Ed.). Penerbit CV Pena Persada.
Jayadi, I., Novida, I., & Musharianto, A. (2024). Pengaruh Debt To Equity Rasio, Return On Asset Dan
Total Asset Terhadap Price Earning Rasio Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman
Yang Terdaftar Di Bei Periode 2018-2022. Jurnal Maneksi, 13(2), 378–385.
https://doi.org/10.31959/jm.v13i2.2266
Kanwil DJKN. (2022). Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia. Kanwil DJKN.
Manurung, T. M. S., & Wildan, M. (2023). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan
Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar
Di
Periode (2016-2020). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 83–90.
https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1661
Nagari, A., Pekerti, R. D., Dewi, S. R. K., Ihsan, A. M. N., Khodijah, A. S., Irawan, J. L., Surachman, A.
E., Haryanto, Maradidya, A., Maheresmi, H., Maryati, Nusantoro, H., Meliana, Tanjung, J., Annas,
M., & Anggraini, D. T. (2024). Manajemen Investasi (M. R. Kurnia (ed.)). PT Sada Kurnia Pustaka.
Nagari, C. P. (2021). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Current Ratio, Dan
Price To Book Value Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Food And Beverages
Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. 3119 30969.
Nasution, A. Z., Jamaluddin, Sihombing, J. C., & Sinulingga, C. A. A. B. (2020). Pengaruh Struktur
Modal, Current Ratio, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektormakanan
Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013-2018. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 1(1),
83–95. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v1i1.326
Siswanto, E. (2021). Buku Ajar Manajemen Keuangan Dasar. Universitas Negeri Malang.
Sudarmadji. (2022). Buku Ajar Analisis Investasi (L. M. Samryn (ed.); Edisis Per). Tanri Abeng University
Press.
Werang, M. K., Wiyono, G., & Sari, P. P. (2023). Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan
Profitabilitas Terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Food and Beverage yang
Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan
Sains), 8(1), 119–128. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.925
Yuliana, Joeclyn, & Kurniawan, A. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio,
Current Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan
Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa efek Indonesia Periode 2017-2020. 6, 1428–1433.
www.idx.co.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Agung Gunawan (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ketentuan Lisensi:
VISIONER : Jurnal Manajemen dan Bisnis (VJMB) oleh STIE Balikpapan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Lisensi Internasional.
Anda bebas untuk:
- Membagikan “ menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Mengadaptasi “ menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
- Atribusi “ Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan “ Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.








