PENGARUH ASIMETRI INFORMASI , LEVERAGE , UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DANMINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.52630/jmbv.v12.i02.45Kata Kunci:
Earnings Management, Information Asymmetry, Leverage, Firm Size, ProfitabilityAbstrak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikqn bukti empiris tentang pengaruh asimetri informasi, Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan, Return On Assets (ROA) terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Manajemen Laba diproksikan menggunakan discretionary accrual, asimetri informasi diproksikan menggunakan rumus bid-ask spread, Leverage diproksikan menggunakn rumus Debt to Equity Ratio (DER) , ukuran perusahaan diproksikan menggunakan rumus Pertumbuhan ukuran perusahaan, Profitabilitas diproksikan menggunakan rumus Return On Assets (ROA). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan dibantu SPSS versi 24. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021 yang terdiri dari 34 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode Pusposive Sampling dengan total sampel 60 sampel dari 12 perusahaan yang terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh negative dan signifikan terhadap manajemen laba, dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.
Referensi
A.Pearce&B.Robinson, R. (2018). Manajamen Strategis.
Aljana (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Kepemilikan dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015).
Andini & Pranaditya (2016). Pengaruh GCG dan Profitabilitas terhadap Penghindaran Pajak dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating.
Ardeno Kurniawan (2022). Politik dan Akuntansi Keperilakuan.
Bambang Sugeng. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif).
Citra Monika, Hari Gursida (2018). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014- 2018.
Faradiza (2019). Fraud Pentagon Dan Kecurangan Laporan Keuangan.
Febriana. (2021). Dasar-dasar Analisis Laporan Keuangan.
Ghozali. (2018). Efektivitas Fintech pada UMKM.
Hantono. (2018). Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio & SPSS.
Herawati (2019). Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan.
Hery (2016). Analisis Laporan Keuangan.
I Gusti Putu Darya, M. (2019). Akuntansi Manajemen.
Jayusman (2019). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada Pt. Sinar Rejeki Bersama Pangkalan Bun.
Lela Nurlaela Wati (2019). Model Corporate Social Respocibility (CSR).
L.M. Samryn (2017). Pengantar Akuntansi.
Made (2014). Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi.
Marina (2017). Sistem Informasi Akuntansi.
Misbahuddin (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik.
Morissan (2018). Manajemen Public Relations.
Ni Luh Gede Erni Sulindawati. (2017). Manajemen Keuangan.
Pranaditya (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Leverage Terhadap Manajemen Laba.
Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan
Puspitasari (2019). Pengaruh Asimetri Informasi, Leverage dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba riil (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2004- 2013).
Putri & Rahmini (2021). Pengaruh Leverage terhadap Manajemen Laba dengan Corporate Governance pada Perusahaan F&B.
Rikaputri (2017). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Size, Audit Committee Diligence, Dividend Policy Pada Praktik Manajemen Laba.
Rioni (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Non Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Rizki (2021). Pengaruh Asimetri Informasi, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018).
Ruki Ambar Arum (2022). Analisis Laporan Keuangan.
Safira (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016-2020.
Sianturi, N. (2021.). Analisa Laporan Keuangan untuk Teknik dan Ekonomi.
Sitanggang Purba (2022). Pengaruh Asymetric Informaition, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013).
Sri Mangesti Rahayu (2018). Analisis Pengaruh Gender Direksi dan Komisaris, Manajemen Laba serta Analisis Pengaruh Gender Direksi dan Komisaris, Manajemen Laba serta Kinerja Perusahaan terhadap Kompensasi Manajemen Puncak.
Sudarmanto (2021). Good Corporate Governance.
Sudjatmiko, S. (2017). Corporate Culture.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian untuk Perguruan Tinggi.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sujarweni (2019). THE MASTER BOOK OF SPSS.
Sunarsi & Ahmar (2022). Strategi Kepemimpinan Biaya, Diferensiasi, Manajemen Keberlanjutan dan Pengelolaan Laba.
Suwardjono. (2019). Angewandte Chemie International Edition.
W.Zimmerer, T. (2019). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil.
Yasa (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2016-2018.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Vidiah Wati (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ketentuan Lisensi:
VISIONER : Jurnal Manajemen dan Bisnis (VJMB) oleh STIE Balikpapan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Lisensi Internasional.
Anda bebas untuk:
- Membagikan “ menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Mengadaptasi “ menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
- Atribusi “ Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan “ Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.