PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CAKE  SALAKILO BALIKPAPAN 

INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, PRICE ON CUSTOMER LOYALTY CAKESALAKILO BALIKPAPAN

Penulis

  • Azirah Azirah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis
  • Fitriana Fitriana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis

Kata Kunci:

Bukti fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Kepuasan Konsumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas produk, citra merek, harga terhadap loyalitas pelanggan Cake Salakilo Balikpapan. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Cake Salakilo Balikpapan yang dalam sebulan melakukan pembelian lebih dari 3 kali dan diambil sampel sebanyak 100 responden dikarenakan jumlah populasi yang sangat banyak dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagikan langsung kepada responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganada serta uji asumsi klasik dan untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengujian secara simultan variabel kualitas produk (X1), citra merek (X2) dan harga (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Cake Salakilo Balikpapan. Pengujian secara parsial variabel kualitas produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Cake Salakilo Balikpapan, variabel citra merek (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Cake Salakilo Balikpapan , dan variabel harga (X3) memilki tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Cake Salakilo Balikpapan. 

Referensi

Firdausi, Agung., dan Lukmandono., (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Anita Family Bakery Sumenep. Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan 1 (SENASTITAN 1).

Ghozali, Imam., (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam., (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hery., (2018). Pengantar Manajemen Cetakan Pertama. PT. Grasindo. Jakarta.

Ismanto, J., (2020). Manajemen Pemasaran. Unpam Press. Tanggerang Selatan.

Limakrisna, N., & Purba, T. P., (2017). Manajemen Pemasaran : Teori Aplikasi dalam Bisnis. Edisi 2 . Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media.

Ramadhoni, Zulhilmy., dan Purwanto,Fajar., (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Variasi Produk, Harga, Endorse dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Ayam Geprek Bensu Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 1, No. 1).

Rahayu, Entus., dkk., (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Loyalty Sosis Farmhouse di Daerah Jabodetabek. Jurnal Bisnis Darmajaya (Vol. 8, No. 1).

Oktaviani, Nur., (2018), Analisis Pengaruh Kualitas Makanan, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Wedangan di Kota Surakarta). Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sarboini., dkk., (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

Sugiyono., (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung Penerbit Alfabeta.

Sugiyono., (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit IKAPI.

Sugiyono., (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sugiyono., (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, Fandy., (2020). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Diterbitkan

2024-04-29

Cara Mengutip

PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CAKE  SALAKILO BALIKPAPAN : INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, PRICE ON CUSTOMER LOYALTY CAKESALAKILO BALIKPAPAN. (2024). Visioner : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(01), 138-152. https://jurnal.stiebalikpapan.ac.id/index.php/jmbv/article/view/6