PENERAPAN PRODUK SYARIAH DALAM AKAD MUDHARABAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG BALIKPAPAN BARU

Penulis

  • Haryadi Jaka Susila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52630/jmbv.v9.i02.64

Kata Kunci:

Pembiayaan, Akad Mudharabah

Abstrak

BNI Syariah merupakan salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia yang menggunakan sistem bagi hasil dalam operasional kegiatannya Salah satu produk-nya adalah mudharabah, yang pembiayaanya disalurkan untuk BMT dan Koperasi Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan resiko pembiayaan mudharabah pada BNI Syariah Cabang Balikpapan Baru. Peneliti menggunakan metedologi Kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam melaksanakan penelitiannya Untuk mendapatkan data yang diinginkan peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi Setelah data dikumpulkan, kemudian data tersebut dianalisa, diuji keabsahan menggunakan teknik interaktive model analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap permohonan pembiayaan mudharabah pada BNI Syariah Cabang Balikpapan Baru diajukan secara tertulis dan melalui proses verifikasi kelayakan yang ketat. Resiko kerugian yang ditanggung oleh bank BNI Syariah sebagai shahibul maal dalam pembiayaan mudharabah adalah tinggi.

Referensi

Abdullah, Taufik 1989 Metode Penelitian Agama, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Abdul Rahman Ghazali dkk, 2010, Fiqih Muamalat, Jakarta: Kencana

Abdurrahman al-Jazîry, 2019, al-Fiqhu 'ala al-Madzâhibi al-Arba'ati, Beirut: Dâr al-Fikr.

Ali Zainudin, 2008, Hukum perbankan syariah, Jakarta : Sinar grafika.

Al-Kasâni, 1971, Badâi'u al-Shanâi' fi Tartîbi al-Syarâi', Damaskus: Dâr al- Kutub al-Ilmiyyah.

Antonio Syafi‟I, 2001, Bank syariah dari teori ke praktik, Jakarta : Gema Insani perss.

Armstrong dan Kotler. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Intermedia.

Ascarya, 2008, Akad dan produk bank syariah, Jakarta : PT Raja grafindo persada.

Chairuman Pasaribu Sahrawardi K. Lubis, 1994, Hukum Perjanjian Dalam Islam, Jakarta: Sinar Grafika.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.), 1994b, Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc.

Hamidi, 2004 Metode penelitian Kualitatif Malang: UMM Press

Herdiansyah Haris, 2013, wawancara observasi dan focus groups, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia

Nazir, Mohamad, 1985, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia

Mardani. 2012. Fiqih Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah, Jakarta: Kencana.

Mastuhu, 1990, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Moeleong, L.J, 1990, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muhammad, 2002, Manajemen Bank Syari’ah, Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Mahmud Yunus, 2010, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.

Mulyana, Deddy, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Rosdakarya.

Saeed Abdullah, 2006, Menyoal Bank Syari’ah, Jakarta : Paramadina.

Setiawan,Guntur.2004.Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.

Soemitra Andri, 2009, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Stanton, William, (1996), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi Ketujuh, Erlangga : Jakarta.

Suparmoko, M, 1999, Metode Penelitian Praktis, Yogyakarta, Anggota IKAPI Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

https://www.academia.edu/6166493/Resear ch_methodology_series_Interviewi ng_in_qualitative_research_The_on e-to-one_interview

www.qual.auckland.ac.nz

Diterbitkan

2025-04-23

Cara Mengutip

PENERAPAN PRODUK SYARIAH DALAM AKAD MUDHARABAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG BALIKPAPAN BARU. (2025). Visioner : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(02), 82-96. https://doi.org/10.52630/jmbv.v9.i02.64