PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA UNIT BRI BALIKPAPAN BARAT

Penulis

  • Hendika Swasti Lukita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis
  • Saripah Ramlah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52630/jmbv.v10.i01.68

Kata Kunci:

Pemasaran, Kredit Usaha Rakyat, KUR

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah secara simultan Bauran pemasaran jasa berupa produk, promosi, proses, orang, lokasi, harga atau bunga dan pelayanan (Customer service) mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat. Dan untuk membuktikan manakah secara parsial diantara Bauran pemasaran jasa berupa produk, promosi, proses, orang, lokasi, harga atau bunga dan pelayanan (Customer service) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda, dimana diperoleh persamaan regresi: Y = 0,429 + 0,359 X1 - 0,262 X2 + 0,232 X3 + 0,263 X4 - 0,175 X5 + 0,487 X6 + 0,001 X7 + ei. Persamaan model analisis regresi linier berganda tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat, yang ditunjukan oleh koefisien regresi masing-masing variabel bebasnya. Koefisien regresi variabel bebas yang bertanda positif berarti variabel bebas tersebut mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel terikat dan begitu pula sebaliknya. Sedangkan koefisien regresi variabel bebas yang bertanda negatif berarti variabel bebas tersebut tidak mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel terikat dan begitu pula sebaliknya. Untuk membuktikan kebenarannya hipotesis pertama digunakan uji F yaitu membandingakan Fhitung dengan Ftabel. Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, yaitu diduga Diduga secara simultan Bauran pemasaran jasa berupa produk, promosi, proses, orang, lokasi, harga atau bunga dan pelayanan (Customer service) berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat. Dimana nilai Fhitung sebesar 4,862 lebih besar dari pada Ftabel sebesar 2,11 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Sedangkan untuk membuktikan hipotesis kedua digunakan uji t yaitu membandingkan thitung dengan ttabel. Berdasarkan hasil perbandingan uji t, secara parsial harga atau bunga mempunyai nilai thitung terbesar dibanding thitung variabel lainnya, yaitu sebesar 3,807 lebih besar dari pada ttabel sebesar 1,661 pada taraf siginifikansi 5%. Berarti harga atau bunga mempunyai pengaruh signifikan dan dominan secara parsial terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis kedua terbukti kebenarannya.

Referensi

Buchari, Alma.2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan: Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia

Firdaus, Rachmat dan Maya Ariyanti. 2004. Manajemen Perkreditan Bank Umum : Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasinya Lengkap dengan Analisis Kredit. Bandung: Alfabeta.

Hartono, 2009. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Jateng Cabang Purworejo. Jurnal manajemen dan bisnis, akuntansi dan keuangan, daya saing, aidi. blogsome.com.

Hasibuan, Malayu S. P. 2006. Dasar- Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara

Irawan, Handi. 2002. 1O Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Komputindo.www.elexmedia.com

Kasmir.2004. Pemasaran Bank. Prenada Media: Jakarta.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada. Edisi Revisi 2008

Lupiyoadi, Rambat.2004.Manajemen Pemasaran jasa.Edisi Pertama.Salemba Empat: Jakarta.

Purwanto, E. dan Sulistyastutik. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media.

Ratih, Hurriyati.2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono.2007.Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Kelimabelas.Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Subagyo dkk, 1999, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya.Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono, 2002.Metode Penelitian Bisnis. CV. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2025-04-24

Cara Mengutip

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA UNIT BRI BALIKPAPAN BARAT. (2025). Visioner : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(01), 1-26. https://doi.org/10.52630/jmbv.v10.i01.68