PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA UNIT BRI BALIKPAPAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.52630/jmbv.v10.i01.68Kata Kunci:
Pemasaran, Kredit Usaha Rakyat, KURAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah secara simultan Bauran pemasaran jasa berupa produk, promosi, proses, orang, lokasi, harga atau bunga dan pelayanan (Customer service) mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat. Dan untuk membuktikan manakah secara parsial diantara Bauran pemasaran jasa berupa produk, promosi, proses, orang, lokasi, harga atau bunga dan pelayanan (Customer service) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda, dimana diperoleh persamaan regresi: Y = 0,429 + 0,359 X1 - 0,262 X2 + 0,232 X3 + 0,263 X4 - 0,175 X5 + 0,487 X6 + 0,001 X7 + ei. Persamaan model analisis regresi linier berganda tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat, yang ditunjukan oleh koefisien regresi masing-masing variabel bebasnya. Koefisien regresi variabel bebas yang bertanda positif berarti variabel bebas tersebut mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel terikat dan begitu pula sebaliknya. Sedangkan koefisien regresi variabel bebas yang bertanda negatif berarti variabel bebas tersebut tidak mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel terikat dan begitu pula sebaliknya. Untuk membuktikan kebenarannya hipotesis pertama digunakan uji F yaitu membandingakan Fhitung dengan Ftabel. Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, yaitu diduga Diduga secara simultan Bauran pemasaran jasa berupa produk, promosi, proses, orang, lokasi, harga atau bunga dan pelayanan (Customer service) berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat. Dimana nilai Fhitung sebesar 4,862 lebih besar dari pada Ftabel sebesar 2,11 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Sedangkan untuk membuktikan hipotesis kedua digunakan uji t yaitu membandingkan thitung dengan ttabel. Berdasarkan hasil perbandingan uji t, secara parsial harga atau bunga mempunyai nilai thitung terbesar dibanding thitung variabel lainnya, yaitu sebesar 3,807 lebih besar dari pada ttabel sebesar 1,661 pada taraf siginifikansi 5%. Berarti harga atau bunga mempunyai pengaruh signifikan dan dominan secara parsial terhadap keputusan nasabah mengambil KUR pada BRI Unit Balikpapan Barat, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis kedua terbukti kebenarannya.
Referensi
Buchari, Alma.2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.
Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan: Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia
Firdaus, Rachmat dan Maya Ariyanti. 2004. Manajemen Perkreditan Bank Umum : Teori, Masalah, Kebijakan dan Aplikasinya Lengkap dengan Analisis Kredit. Bandung: Alfabeta.
Hartono, 2009. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Jateng Cabang Purworejo. Jurnal manajemen dan bisnis, akuntansi dan keuangan, daya saing, aidi. blogsome.com.
Hasibuan, Malayu S. P. 2006. Dasar- Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara
Irawan, Handi. 2002. 1O Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Komputindo.www.elexmedia.com
Kasmir.2004. Pemasaran Bank. Prenada Media: Jakarta.
Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya, Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada. Edisi Revisi 2008
Lupiyoadi, Rambat.2004.Manajemen Pemasaran jasa.Edisi Pertama.Salemba Empat: Jakarta.
Purwanto, E. dan Sulistyastutik. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media.
Ratih, Hurriyati.2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono.2007.Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Kelimabelas.Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Subagyo dkk, 1999, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya.Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono, 2002.Metode Penelitian Bisnis. CV. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ketentuan Lisensi:
VISIONER : Jurnal Manajemen dan Bisnis (VJMB) oleh STIE Balikpapan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Lisensi Internasional.
Anda bebas untuk:
- Membagikan “ menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Mengadaptasi “ menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
- Atribusi “ Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan “ Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.