PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT RESTU IBU BALIKPAPAN

Penulis

  • Riza Riza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis
  • Raahu Raahu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis
  • Cornelia Audrey Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52630/jmbv.v10.i02.73

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Restu Ibu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 340 responden, menggunakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner.

 

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda di peroleh nilai koefisien korelasi

(R) sebesar 0,823 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,678. Hasil uji F hipotesis menunjukkan Fhitung 140,729 > Ftabel 2,40, yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pasien (Y). Untuk hasil uji t, variabel bukti fisik, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien. Dan variabel keandalan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien

Referensi

Ari Prasetio. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, & Strategi, Jakarta: Rajawali Pers.

Bige Raihan Genaldi, dkk, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada konsumen GO-JEK di DKI Jakarta). Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom. DOI: https://doi.org/10.33366/ref.v5i1.565

Dody Febri Aryadi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Giant Supermarket Dinoyo Malang). Jurusan Manajemen, Universitas Brawijaya, Malang.

Fahmi Rezha, dkk. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ketujuh belas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herri Affandi, dkk, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mon Pase Kabupaten Aceh Utara. Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Marketing Management. Edisi 14. New York: Pearson.

Mauludin Hanif. 2013. Marketing Research : Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ratminto dan Winarsih. S. Atik. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Setyobudi, Ismanto dan Daryanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Gava Media.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Banyumedia.

Tjiptono, Fandy. 2017. Service Management. Edisi 3.Yogyakarta: Penerbit Andi. https://aepnurulhidayat.wordpress.com/20 19/05/17/pengertian-rawat-jalan/

Diterbitkan

2025-04-24

Cara Mengutip

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT RESTU IBU BALIKPAPAN. (2025). Visioner : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(02), 87-103. https://doi.org/10.52630/jmbv.v10.i02.73