ANALISIS BIAYA PRODUKSI, BIAYA PEMASARAN, BIAYA ADMINISTRASI DAN UMUM PADA PT. BENTOEL INTERNATIONAL INVESTAMA, TBK (2009-2015)
DOI:
https://doi.org/10.52630/jmbv.v11.i01.82Kata Kunci:
Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Biaya Adminstrasi dan umumAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besar pengaruh simultan biaya Produksi, biaya Pemasaran, biaya Administrasi dan umum terhadap volume penjualan, (2) besar pengaruh parsial biaya produksi terhadap volume penjualan. Subjek penelitian ini adalah PT. Bentoel International Investama, Tbk. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diambil dari laporan keuangan tahun 2009-2015 di bursa efek Indonesia cabang Balikpapan. Data yang diambil kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara simultan berpengaruh signifikan dari biaya produksi, biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum terhadap volume penjualan, (2) secara parsial berpengaruh signifikan dari biaya produksi terhadap volume penjualan.
Referensi
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Rajagrafindo, 2013.
Bastian, Bustami dan Nurlela. Akuntansi Biaya Edisi Keempat. Graha Ilmu, 2010.
Basu, Swastha Irawan. Manajemen Pemasaran Edisi Kedelapan. Liberty, 2007.
Carter, William K. Akuntansi Biaya Edisi Keempat Belas. Salemba Empat, 2009.
Dunia, Firdaus Ahmad. Akuntansi Biaya, Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat, 2009.
Ghozali, Imam dan Anis Chariri. Teori Akuntansi, Edisi Keempat. Kencana, 2014.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Universitas Diponegoro, 2009.
Karyawati, Golrida. Akuntansi Keuangan Lanjutan, Edisi Pertama. Airlangga, 2012.
Kholmi, Masiyah dan Yuningsih. Akuntansi Biaya, Malang : PT. Remaja Rosdakarya, 2009..
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. PT.Indeks, 2007.
Martana, Dewa Putu Agus. Pengaruh Jenis Produk, Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Volume Penjualan pada CV. Bangkuwang, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, 2015.
Martani, Dwi. Akuntansi Keuangan Menengah Edisi Kedua. Salemba Empat, 2012.
Mulyadi. Akuntansi Biaya, Edisi Kelima. Universitas Gajah Mada, 2010.
Munawir, H.S. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Universitas Gajah Mada, 2014.
Mursyidi. Akuntansi Biaya, Bandung : Refika Aditama, 2008.
Prihantara, Kadek Dody Slamat. Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan pada UD. Nata Jati Mebel, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, 2015.
Putra, I Gede Eka Sanjaya. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Penjualan, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4, 2016.
Raharjaputra, Hendra S. Manajemen Keuangan dan Akuntansi, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat, 2011.
Rangkuto, Freddy. Strategi Promosi yang kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Edisi Pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Rudianto. Akuntansi Manajemen, Yogyakarta : Grasindo , 2009.
Samryn, LM. Akuntansi Manajemen Edisi Pertama. Kencana, Prenada Media Group, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi Pertama. Alfabeta, 2014.
Sunyoto, Danang. Metode Penelitian Akuntansi, Edisi Pertama. Bandung : Refika Aditama , 2013.
Supriyono. Manajemen Biaya, Edisi Pertama. Universitas Gajah Mada, 2011.
Supriyono. Akuntansi Biaya Edisi Kedua. Universitas Gajah Mada, 2011.
Tunggal, Amin Widjaja. Dasar-dasar Akuntansi Biaya dan Manajemen, Edisi Pertama. Harvarindo, 2011.
Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Rajawali Pers, 2011.
Usry, Hammer Lawrence & Carter William K. Akuntansi Biaya Edisi Ketiga Belas. Salemba Empat, 2009.
Weygant, Jerry J. Weygant, Donald E. Kieso, Paul D. Kimmel. Pengantar Akuntansi, Edisi Ketujuh. Jakarta : Salemba Empat, 2012
Yadiati, Winwin. Pengantar Akuntansi, Edisi Revisi. Kencana, 2010
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ketentuan Lisensi:
VISIONER : Jurnal Manajemen dan Bisnis (VJMB) oleh STIE Balikpapan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Lisensi Internasional.
Anda bebas untuk:
- Membagikan “ menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Mengadaptasi “ menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
- Atribusi “ Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan “ Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.