Analisis Hubungan antar produk dalam pola belanja konsumen dengan Algoritma Apriori

Penulis

  • Afriosa Syawitri Universitas Negeri Padang Penulis
  • Siti Rahmi Hidayatullah Universitas Negeri Padang Penulis
  • Rusy Dina Universitas Negeri Padang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52630/jmbv.v14.i01.105

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori , Pola Belanja Konsumen

Abstrak

Toko fitri hijab merupakan salah satu toko yang menjual hijab, pada toko ini terdapat banyak transaksi yang dapat dimanfaatkan dan dapat dikelola untuk menghasilkan suatu informasi. Analisa transaksi yang ada pada toko ini dapat membantu pemilik toko untuk membuat suatu strategis bisnis, seperti mengetahui barang yang sering dibeli secara bersamaan. Data mining merupakan bidang dari beberapa bidang keilmuan yang menyatukan teknik dari pembelajaran mesin, pengenalan pola, statistika, database dan visualisasi untuk pengenalan permasalahan pengambilan informasi dari database yang besar. Salah satu algoritma dari teknik data mining yang dapat digunakan untuk mencari pola belanja konsumen adalah algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan salah satu algoritma pada data mining yang digunakan untuk pengambilan data dengan aturan asosiatif dalam menentukan hubungan suatu kombinasi item. Dari analisis data menggunakan bahasa pemograman phyton ini didapatkan 2 aturan asociation rule yaitu : Jika membeli hijab instan maka akan membeli hijab segi empat dengan nilai confidence 0.53 dan jika membeli hijab segi empat maka akan membeli hijab instan dengan nilai confidence 0.57.

Referensi

Abidin, Z., Amartya, A. K., & Nurdin, A. (2022). Penerapan algoritma Apriori pada penjualan suku cadang kendaraan roda dua (Studi kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 225–232. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1459 DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1459

Fadila, S. A., Setiawansyah, & Darwis, D. (2021). Analisa data penjualan handphone dan elektronik menggunakan algoritma Apriori (Studi kasus: CV Rey Gasendra). Telefortech, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/tft.v2i1.1810 DOI: https://doi.org/10.31294/larik.v1i2.674

Prasetyo, A., Musyaffa, N., & Sastra, R. (2020). Implementasi data mining untuk analisa data penjualan dengan menggunakan algoritma Apriori (Studi kasus Dapoerin’s). Jurnal Khatulistiwa, 8(2), 94–101. https://doi.org/10.31294/jki.v8i2.8994 DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v8i2.8994

Prasetya, T., Yanti, J. E., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., & Anwar, S. (2021). Analisis data transaksi terhadap pola pembelian konsumen menggunakan metode algoritma Apriori. Informatics for Education and Professionals, 6(1), 43–52. https://doi.org/10.51211/itbi.v6i1.1688 DOI: https://doi.org/10.51211/itbi.v6i1.1688

Putra, C. P., Rifai, A., Widianto, K., & Irmawati. (2022). Penerapan metode association rule terhadap pola data penyakit pada RSUD Jakarta menggunakan algoritma Apriori. Jurnal Infortech, 4(1), 58–63. https://doi.org/10.31294/infortech.v4i1.12849

Ramadhan, W. S., & Sari, R. (2024). Implementasi algoritma Apriori dalam menentukan pola transaksi penjualan. Jurnal Infortech, 6(1), 52–58. https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21964 DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21964

Diterbitkan

2025-05-21

Cara Mengutip

Analisis Hubungan antar produk dalam pola belanja konsumen dengan Algoritma Apriori. (2025). Visioner : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(01), 52-59. https://doi.org/10.52630/jmbv.v14.i01.105