PENERAPAN SMART TOURISM DI INDONESIA
IMPLEMENTATION OF SMART TOURISM IN INDONESIA
Kata Kunci:
Smart Tourism, Destinasi Wisata, Teknologi Informasi komunikasiAbstrak
Kemajuan teknologi telah membawa perubahan besar dalam industri pariwisata. Pesatnya kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam konteks pariwisata telah secara signifikan mempengaruhi operasi industri dan sikap serta perilaku wisatawan. Oleh karena itu, penerapan smart tourism yang telah dilakukan pada beberapa daerah di Indonesia ini diharapkan dapat membantu wisatawan untuk dapat mengakses dan memberikan informasi terkait destinasi wisata yang akan dikunjungi, mengetahui lokasi dari tempat wisata tersebut, serta akomodasi yang digunakan untuk mencapai destinasi wisata tersebut. Dengan adanya smart tourism diharapkan juga dapat memberikan keseluruhan pelayanan dan pengalaman bagi wisatawan. Smart tourism juga dapat dijadikan sebagai media promosi yang paling efektif untuk mempromosikan citra destinasi wisata yang ada pada daerah tersebut dan dengan demikian mempengaruhi persepsi mereka untuk kembali melakukan kunjungan. Selain itu, melalui smart tourism diharapkan adanya peningkatan efisiensi pengelolaan sumber daya, meningkatkan keberlanjutan, dan memaksimalkan daya saing melalui penggunaan berbagai inovasi dan praktik teknologi.
Referensi
Arofah, A., & Achsa, A. (2022). Analisis Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Pemulihan Pariwisata di Era New Normal (Studi Kasus Pada Taman Kyai Langgeng Magelang). JAMBURA, Vol. 5 (1), 15-26.
Buhalis, D. (1998). Strategic Use of Information Technologies in the Tourism Industry. Tourism Management, Vol. 19 (5), 409-421.
Damayanti, M., Wahyono, H., Rahdriawan, M., Tyas, W. P., Sani, P. C. (2020). Penerapan Smart Tourism di Kota Semarang. Jurnal RIPTEK, Vol. 14 (2), 128-133.
Darma, I. G. K. I. P. (2020). Pariwisata Digital Pada Objek Wisata Dengan Aplikasi. CULTORE, Vol. 1 (2), 113-121.
Ghaderi, Z., Hatamifar, P., & Henderson, J. C. (2018). Destination Selection by Smart Tourist: The Case of Ishafan, Iran. Asia pacific Journal of Tourism Research, Vol. 23 (4), 385-394.
Gretzel, U., Sigala, M., Xiang, Z., & Koo, C. (2015). Smart Tourism: Foundations and Developments. Springer, 25, 179-188.
Hanum, F., Suganda, H., Muljana, E. B., Endyana, C., & Rachmat, H. (2020). Konsep Smart Tourism Sebagai Implementasi Digitalisasi di Bidang Pariwisata. TORNARE: Jurnal of Sustainable Tourism Research., Vol. 3 (1), 14-17.
Jeong, M., & Shin, H. H. (2019). Tourist Experiences with Smart Tourism Technology at Smart Destinations and Their Behavior Intentions. Journal of Travel Research, Vol. 59 (8), 1464-1477.
Jovicic, D. Z. (2016). Key Issues in the Conceptualization of Tourism Destinations. Tourism Geographies, Vol. 18 (4), 445-457.
Lee, H., Lee, J., Chung, N., & Koo, C. (2018). Tourist Happiness: Are There Smart Tourism Technology Effects? Asia pacific Journal of Tourism Research, Vol. 23 (5), 486-501.
Li, Y., Hu, C., Huang, C., & Huan, L. (2017). The Concept of Smart Tourism in the Context of Tourism Information Services. Tourism Management, Vol. 58, 293-300.
Rahmat, A., Novianti, E., Khadijah, U. L., Tahir, R., Krishna, A., & Yuliawati. (2021). A Literature Review on Smart City and Smart Tourism. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 (12), 2255-2262.
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, Vol. 1 (1), 76-83.
S. Asmawati., Musyrifah., Wajidi, F., & Zulkarnaim, N. (2022). Implementasi Smart Tourism sebagai Media Promosi Wisata di Sulawesi Barat. SAINTIFIK: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 8 (1), 76-84.
Saputra. A., & Roychansyah, M. S. (2022). Penerapan Smart Tourism Destination di Tiga Destinasi Wisata Kota Yogyakarta. Jurnal Sinar Manajemen, Vol. 9 (1), 122-129.
Sigala, M. (2018). New Technologies in Tourism: From Multi-Disciplinary to Anti-Disciplinary Advance and Trajectories. Tourism Management Perspectives, Vol. 25, 151-155.
Sary, K. A., Purwanti, S., & Juwita, R. (2021). Implementasi of Smart Tourism in Kedang Ipil Village, Vol. 4 (3), 4862-4872.
Um, T., & Chung, N. (2019). Does Smart Tourism Technology Matter? Lessons from Three Smart Tourism Cities in South Korea. Asia Pacific Journal of Tourism Research, Vol. 26 (4), 396-414.
Yanti, D. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Toba Samosir. Jurnal Darma Agung, Vol. XXVII (1), 814-821.
Yoo, C. W., Goo, J., Huang, C. D., Nam, K., & Woo, M. (2017). Improving Travel Decision Support Satisfaction with Smart Tourism Technologies: A Framework of Tourist Elaboration Likehood and Self-Efficacy. Technological Forecasting and Social Change, Vol. 123, 330-341.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Welly Yulianti, Esther Apriliany Sulistijono, Mira Veranita (Author)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ketentuan Lisensi:
VISIONER : Jurnal Manajemen dan Bisnis (VJMB) oleh STIE Balikpapan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Lisensi Internasional.
Anda bebas untuk:
- Membagikan “ menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Mengadaptasi “ menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
- Atribusi “ Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan “ Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.