PENGARUH ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH TERHADAP KEJAHTERAAN FAKIR MISKIN PENGARUH ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH TERHADAP KEJAHTERAAN FAKIR MISKIN (Studi Kasus Penerima Bantuan Modal Usaha Kecil Di Badan Amil Zakat Nasional Kota Balikpapan)

Main Article Content

sudarmo .
Fice Handayani
Aulia Raachman

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilakukan di Badan Amil Zakat Nasional Kota Balikpapan. Populasi yang digunakan oleh peneliti berjumlah 30 orang dengan menggun metode Simple Random Sampling,. Metode dalam penelitian ini menggun pendekatan kuantitatif, dimana data yang diperoleh melalui 30 responden yang merup sampel kemudian diolah dengan statistik dan disajikan dalam bentuk analisis ilmiah.



Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel Zakat (X1), Infaq (X2), dan dekah (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kejahteraan fakir miskin di Kota Balikpapan penerima bantuan modal usaha kecil Baznas, yakni tingkat signifikansi yang lebih kecil dari α = 5% (0,000<0,05) atau nilai Fhitung > Ftabel (6,757> ,975 ). Uji parsial (Uji T) yang berpengaruh dominan terhadap kejahteraan fakir miskin di Kota Balikpapan penerima bantuan modal usaha kecil Baznas adalah Zakat (X1) dimana nilai thitung besar = 3,220>2,055 nilai ttabel.



Hasil penelitian ini menerima hipotesis pertama yaitu zakat, infaq dan dekah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kejahteraan fakir miskin di Kota Balikpapan penerima bantuan modal usaha kecil Baznas. Hipotesis kedua juga diterima yaitu zakat memiliki pengaruh yang dominan parsial terhadap kejahteraan fakir miskin di Kota Balikpapan penerima bantuan modal usaha kecil Baznas.



Kata kunci: Zakat, infaq, dekah dan kejahteraan

Article Details

How to Cite
., sudarmo, Handayani, F., & Raachman, A. (2017). PENGARUH ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH TERHADAP KEJAHTERAAN FAKIR MISKIN . Jurnal Managemen Dan Bisnis Visioner, 6(02), 1104-1115. https://doi.org/10.52630/jmbv.v6i02.16
Section
Jurnal Manajemen bisnis Visioner
Author Biography

Fice Handayani, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan

LOGO_STIEPAN.png

References

JMBV

Most read articles by the same author(s)